imsitumeang

Partai Demokrat di Tengah Pusaran

In Uncategorized on f 28, 12 at 9:47 am

Ibaratan kapal besar yang dihantam badai berkepanjangan, Partai Demokrat sedang di tengah pusaran masalah. Partai penguasa (the ruling party) itu, kini tengah menghadapi hantaman badai berkepanjangan. Yang mencemaskan, kaptennya justru terlilit masalah. Apakah kapal besar itu bisa selamat, sangat tergantung awak lainnya. Bukan tidak mungkin partai ini gagal mengembalikan citranya yang anjlok.

M Nazaruddin yang awalnya mengguncang Partai Demokrat. Dugaan keterlibatan mantan Bendahara Umum Dewan Pimpian Pusat (DPP) Partai Demokrat itu dalam kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games XXVI di Jakabaring Sport City, Palembang, yang berusaha ditutup-tutupi sebagian besar elite Partai Demokrat, justru makin memojokkan partai itu. Partai Demokrat pun menjadi bulan-bulanan, setelah Nazaruddin serta beberapa saksi menarik-narik beberapa elite Partai Demokrat.

Tidak hanya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alfian Mallarangeng, anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Angelina Sondakh dan Mirwan Amir, tetapi Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum pun terlilit persoalan. Nama-nama mereka kerap dikait-kaitkan dengan kasus suap wisma atlet, bahkan juga sering disebut-sebut saksi kasus wisma atlet di pengadilan. Masalah makin rumit karena elite Partai Demokrat terpecah. Ada yang semangat membela mereka, ada pula yang mengusulkan pelengseran Anas.

Masalah Partai Demokrat tidak karuan akibat ulah pengurusnya yang bak pendekar mabuk dalam serial cerita silat Cina, yang menyepak ke sana ke mari, memukul kiri kanan, tanpa mempedulikan apakah yang terkena hantaman lawan atau kawan. Perilaku mereka bukannya mengangkat citra Partai Demokrat, justru makin menjatuhkan pamor Partai Demokrat di mata rakyat.

Apa boleh buat, benang telah kusut, layang-layang yang sedang di udara makin berat terbangnya, terancam menukik ke bumi. Untuk menyelamatkan Partai Demokrat, petinggi di partai itu harus berupaya keras membersihkan namanya dari segala penyakit atau benalu. Kembali, ibarat kapal besar yang sedang di tengah pusaran masalah maka kapal besar itu bakal karam. Saatnya mengurangi muatan. Muatan apa pun harus rela dibuang, demi keselamatan kapal besar itu.

Jangan ragu. Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Dewan Pembina DPP Partai Demokrat bersama jajarannya harus bersikap tegas. Jika betul beberapa elite partai itu terlibat kasus wisma atlet, juga kasus pembangunan kompleks olahraga Hambalang, Bogor, maka solusi satu-satunya ialah menggusur mereka. Jika ragu, partai itu kehilangan kepercayaan.

Kemudian, Ketua Dewan Pembina DPP Partai Demokrat mengonsolidasikan partai. Tindakan ragu-ragu seperti menyiapkan calon pengganti ketua umum tanpa menindak beberapa elitenya yang betul-betul bersalah malah memosisikan Partai Demokrat sebagai sasaran opini jelek dan negatif bahwa Ketua Dewan Pembina DPP Partai Demokrat berusaha menutup-nutupi keburukan yang ada. Jangan mempengaruhi hukum, tetapi Partai Demokrat mendukung penegakannya, meski harus mengorbankan pengurus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: