imsitumeang

Jadikan Pilpres Jujur dan Adil

In Uncategorized on f 9, 09 at 9:42 am

Jadikan pemilu presiden/wakil presiden, hari Rabu, tanggal 8 Juli 2009, terlaksana jujur dan adil.

Ajakan itu disampaikan karena menjelang hari-H masih terdengar berbagai keberatan, misalnya daftar pemilih tetap (DPT) dan netralitas Komisi Pemilihan Umum (KPU). Memang, kinerja KPU kurang mantap. Namun, keinginan kita melaksanakan pilpres yang baik adalah satu alternatif.

Alternatif lain, misalnya menunda pilpres, meskipun menimbulkan persoalan rumit dan preseden yang sulit ditebak implikasinya. Adakalanya kita menghadapi pilihan yang serba dilematis.

Dalam situasi dan kondisi demikian, pilihan the lesser evil, kerugian yang lebih kecil, adalah bijak. Makanya, penundaan diusulkan. Bisa jadi analisa tersebut meleset. Bersyukurlah jika begitu. Namun, tidak salah jika kita bersepakat menghindari musibah politik yang lebih ruwet dan rumit.

Kategori masalah DPT-nya kompleks, mulai pemilih terdaftar lebih sekali, pemilih meninggal tapi terdaftar, anggota TNI/Polri terdaftar, pemilih ganda, penduduk tidak dikenal atau sudah pindah, belum memiliki NIK.

Penyelenggaraan pilpres memang memiliki kekurangan di sana-sini. kompetensi dan kualifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) sekarang sangat lemah, berbeda dengan KPU zaman Nazaruddin Sjamsuddin. Nazaruddin bersama Ramlan Surbakti, dan Chusnul Mar’iyah menjelaskan persoalan pemilu sangat lengkap kepada wartawan.

Andaikan berbagai kekurangan itu benar-benar mengganggu maka substansi strategisnya adalah keterpengaruhan terhadap penyelenggaraan pilpres. Ramifikasi permasalahannya akan lebih kecil ketimbang jika kita menunda pilpres.

Sikap kritis sekaligus korektif harus diungkap terhadap penyelenggaraan pemilu anggota legislatif (pileg) hari Kamis, tanggal 9 April 2009, lalu yang terselenggara relatif baik dan kini pilpres sebagai kelanjutan demokratisasi di negeri kita. Semuanya turut membesarkan kemauan dan komitmen kita menyelenggarakan pilpres.

Beberapa status yang aku tampilkan di fecebook:

jangan berhenti hanya menjadi “vote”, lanjutkan menjadi “voice”. jangan berhenti hanya menjadi “voter” atau “supporter”, lanjutkan menjadi “active citizen”. dengan cara itu, kita tidak terjebak elektoralisme.

merujuk hasil quick count, ‘selamat menang’ kepada beye boed, tim sukses juga pendukungnya. ‘selamat kalah’ kepada mega-bowo dan jeka-wir beserta tim (tak) sukses juga pendukungnya. bersama kalian pemilu menarik dan meriah. aku mengakui, beye-boed sebagai presiden-wakil presiden terpilih. mari kita siapkan calon pemimpin menuju pemilu 2014.

please… hasil exit poll dan quick count tahan dulu sebelum nyontreng berakhir (metro tv & tv one)

indonesia mencontreng! hari ini 176.367.056 pemilih akan memberi suara. semoga pemilu kali ini tidak mencoreng wajah demokrasi kita.

Quick count Pemilu Presiden/Wakil Presiden 2009. Silakan dibanding? – LSI (Lembaga Survei Indonesia) – LSI (Lingkaran Survei Indonesia) – LP3ES (Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial) – PUSKAPTIS (Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis) – LSN (Lembaga Survei Nasional) – CIRRUS (CIRRUS Surveyors Group) – Johans Polling – Metro TV

Bersekutulah kalian berdua. Lawan! Cuma dia calon presiden yang tidak memasalahkan karut marut DPT. Dia diuntungkan, kalian berdua dirugikan. Hak konstitusional kami, mengikuti pemilu presiden 2009, dicederai.

Jika ditemukan daftar pemilih tetap (DPT) fiktif alias siluman, Pemilu Presiden/Wakil Presiden harus ditunda! Kecurangan DPT hanya menguntungkan calon presiden/wakil presiden tertentu. Hasil Pemilu 2009 tidak berlegitimasi.

Yth Ketua/Anggota KPU. Bapak/Ibu dijanjikan apa oleh SBY-Boediono? Kenapa kami belum bisa ketahui nama kami termasuk DPT atau tidak. Anda harus jelaskan!

Hari-hari tegang jelang nyoblos. Jika karut-marut DPT tak kunjung selesai hari ini, lebih baik JK-Wiranto dan Mega-Prabowo undurkan diri. Biarkan SBY-Boediono sebagai peserta pemilu satu-satunya!

‘wahai calon-calon lain… kalian sewa jasa harry potter ya? kenapa kami sekeluarga merasa disihir? ngaku sajalah!’ ucapku di depan jamaah zikir, istana cikeas, jumat. beye mengaku disihir lawan-lawannya. saat pengajian dzikir nurussalam di puri cikeas, , bogor, jumat, ia bilang, sekarang banyak yang gunakan ilmu sihir. ‘saat ini musim pemilu, banyak yang gunakan ilmu sihir,’ katanya. ‘ketika kami menuju balai sarbini, sejak keluar dari rumah kami terus berzikir karena mengalami sesuatu yang aneh. namun, akhirnya kami selamat sampai tujuan,’ tuturnya.

fenomena pemilu: intellectual prostitutes dan “intelektual tukang”, jawara dan tim sukses takabur, “the brothers” si oportunist, “menggilir” suku-suku jadi presiden, rekayasa negative campaign, cuci tangan iklan ilegal “satu putaran”, “the real debate”, UI: jeka ungguli beye dan mega di debat, monopoli “polling” SMS saat debat, DPT fiktif alias siluman, ekspose survei pesanan, …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: