imsitumeang

Pers dan Pemilu Iran

In Uncategorized on f 25, 09 at 9:29 am

Pemilu Presiden Iran yang dimenangi Mahmoud Ahmadinejad disorot Barat. Protes keras kubu reformasi digalang Mir Hossein Mousavi yang berakhir dengan kericuhan. Titik tolak kecaman dari Amerika Serikat dan Inggris. Berbekal aksi kekerasan tentara Iran terhadap pemrotes, Barat pun menilai pemilu dipenuhi kecurangan.

Pers mainstream dunia yang berbasis di Amerika Serikat dan Eropa menambah panjang kontroversi pemilu di negeri kaya itu. Hanya bersumber dari kelompok Mousavi, pers Barat seperti CNN, ABC, MSNBC, FoxNews memberitakan terjadi kecurangan hebat yang berbuah kemenangan mutlak presiden incumbent.

Awal protes, pers tersebut menggambarkan seolah-olah merebak keributan dan aksi massal di seluruh Teheran dan beberapa wilayah lainnya. Angka kematian pun diangkat berlipat-lipat, belum lagi jumlah korban luka-luka yang diberitakan tidak sesuai kenyataan.

BBC semula fair yang memberitakan demonstrasi hanya di titik-titik Teheran. Menjelang sore, seperti dilaporkan BBC, Teheran kembali normal, seolah tidak terjadi sesuatu.

Berbeda dengan tayangan teve Barat lainnya yang memberitakan seolah-olah terjadi pembantaian di Iran. Seolah-olah demokrasi dihabisi praktik kecurangan. Mereka benar-benar tidak cover both sides; hanya bersandar pernyataan tanpa pembuktian. Dan, BBC membuktikan, tidak semua yang dilaporkan pers mainstream Barat yang faktual.

Sangat memprihatinkan kekerasan di Iran dan kita menyesalkannya. Kita memahami pemilu sebagai pesta rakyat untuk memilih pemimpinnya yang harus jujur dan adil. Namun, kita mengkritisi ketika pihak yang dikalahkan menuding pemilu tidak jujur dan adil tanpa bukti yang diperkarakan di pengadilan. Yang terjadi, mereka yang mengaku kaum reformis justru turun ke jalan-jalan Teheran untuk menarik perhatian dunia. Mereka menolak hasil pemilu.

Posisi Iran dan Ahmadinejad yang kontroversial dalam hubungannya dengan Barat dan Israel, menjadikan aksi tersebut sebagai makanan lezat pers Barat. Posisi mereka sebagai oposisi, bukan channel informasi yang berimbang.

Dengan kekuatan men-setting berita—-mencitrakan pemilu ini buruk—-mereka berhasil mencuri perhatian dunia. Namun, kita bersyukur, banyak pemimpin dunia yang tidak terpancing isu-isu murahan yang diangkat mereka.

Presiden Barack Hussein Obama, misalnya. Dia menegaskan, tidak terbukti terjadi kecurangan. Ia malah mengatakan, baik Ahmadinejad maupun Mousavi sama saja bagi Amerika Serikat.

Pemerintah Indonesia sudah mengucap selamat kepada Ahmadinejad. Beberapa negara Eropa pun tidak menganggap tuduhan kubu reformis yang digembor-gemborkan pers Barat sebagai masalah yang besar. Mereka justru bersiap untuk bekerja sama lebih erat dengan Pemerintah Iran.

Kita menginginkan semua pihak—-negara dan pers—-menghormati demokratisasi di Iran. Kalau terjadi kecurangan, pers mesti mendorong perselisihan pemilu dibawa ke pengadilan, bukan memprovokasi massa untuk terus melakukan aksi jalanan. Biarkan hukum yang membuktikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: