imsitumeang

Ahmadinejad Kalahkan Kaum Reformis

In Uncategorized on f 22, 09 at 1:19 am

Iran memasuki saat yang penting sekaligus kritis menyusul pengumuman hasil pemilu presiden yang dimenangi Mahmoud Ahmadinejad. Keterpilihan kembali Ahmadinejad, dengan perbedaan raihan suara yang besar, dicurigai lawan-lawannya.

Hasil yang diumumkan Kementerian Dalam Negeri, Ahmadinejad meraih 62%, Mir Hossein Mousavi 33,8%, Mohsen Rezai 1,7%, dan Mehdi Karroubi hanya 0,9% suara. Jumlah pemilihnya hampir 40 juta orang.

Benarkah pemilu fair, tanpa manipulasi? Pertanyaan didasari karena sebagai incumbent, yang tengah berkuasa, Ahmadinejad bisa melakukan apa saja untuk memenangi pemilu presiden.

Kecurigaan yang menguasai pikiran kelompok oposisi, kaum reformis. Mereka merasakan banyak hambatan berkampanye, seperti larangan penggunaan facebook dan short message service (SMS) yang digunakan pendukung salah satu kandidat, yaitu kubu Mousavi.

Kecurigaan tersebut mendorong pendukung kubu reformis turun ke jalan berdemonstrasi setelah pengumuman hasil pemilu. Demonstrasi yang membrutal makin mendorong aparat keamanan bertindak tegas. Mereka menangkap tak kurang 100 pendukung kubu reformis.

Memang, hasil tersebut meleset dari perkiraan banyak kalangan. Semula diperkirakan pemilu dimenangi kandidat kubu reformis, Mousavi yang mantan perdana menteri. Dalam kampanyenya, Mousavi yang menjanjikan kebebasan berusaha menarik bagi kaum muda dan perempuan. Dalam usahanya menarik dukungan kaum perempuan, ia mengikutsertakan sang isteri berkampanye.

Sementara itu, basis dukungan Ahmadinejad adalah kalangan bawah, wong cilik, karena kebijakan-kebijakannya yang populis membantu mereka. Ia membantu janda pejuang. Ahmadinejad, yang berusaha mengangkat Iran agar tidak tunduk pada kemauan Barat dan menentang semua yang berbau Barat, didukung ulama.

Karenanya, banyak pengamat yang memperkirakan akan terjadi pertarungan seru di antara keduanya. Yang satu didukung kaum muda dan juga perempuan, sedangkan yang satunya didukung ulama dan kalangan bawah.

Apa yang terjadi menyatakan lain. Kita tidak mengetahui saat penghitungan suara. Tetapi, kekalahan kaum reformis merupakan pesan kepada Barat bahwa Iran masih akan tetap seperti sebelumnya dan tegas menghadapi Barat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: