imsitumeang

Kita Kehilangan Insani Unggul TNI

In Uncategorized on f 15, 09 at 3:21 am

Setiap kali musibah alat utama sistem persenjataan (alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI), terentaklah kesadaran kebangsaan kita. Setiap kali terjadi juga menjadi momen perenungan. Wajar jika pertanyaan yang bermunculan adalah mengapa musibah alutsista TNI masih terjadi lagi? Belum cukupkah rentetan musibah yang terjadi sebelumnya? Apa yang salah sehingga TNI yang harus mengalami ujian yang berat?

Berbagai wacana dikemukakan berbagai kalangan dan pengamat, mulai tuanya alutsista hingga minimnya anggaran belanja. Biarlah itu menjadi bahan perdebatan. Tapi, kita ingin menyoroti dampak fundamental dari sekadar kehilangan alutsista. Yang menyedihkan adalah kita kehilangan insani unggul TNI.

Dalam kecelakaan pesawat dan helikopter TNI Angkatan Udara (TNI AU), kita kehilangan prajurit dan perwira handal. Misalnya, prajurit handal yang menjadi korban dari satuan infanteri, pasukan khusus yang amat sulit dididik dan dikembangkan. Dalam karier ketentaraan, tidak sedikit dari kalangan mereka yang satu saat menempati posisi-posisi kunci TNI. Tak diragukan lagi, mereka adalah insani unggul TNI. Karena itu, kita amat kehilangan.

Kehilangan bertambah ketika kini kita menghadapi banyak tantangan, termasuk yang menyangkut dinamika lokal, nasional, regional, dan internasional. Ketika masalah Blaok Ambalat memanas, solusi damai didorong percaya diri terhadap pengetahuan tentang situasi dan kondisi TNI dan kehandalan pasukan serta kemampuan peralatan.

Rakyat sebagai pemangku kepentingan berhak menyampaikan pesan tersebut agar selanjutnya TNI saksama mengoperasikan dan merawat asetnya yang terbatas. Apabila terjadi musibah, bukan saja kehilangan alutsista, kita juga kehilangan insani unggul TNI.

Marilah kita mengupayakan keselamatan selama mengoperasi alutsista TNI sehingga selain insani unggul TNI yang terjaga, juga perangkat peralatan yang tidak menyusut sia-sia. Mengiringinya, reputasi dan kredibilitas TNI pun  juga terpelihara.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: