imsitumeang

Tanggul Air Jebol, Situ Gintung Terendam

In Uncategorized on f 30, 09 at 2:18 am

Jumat, 27 Maret 2009
JAKARTA, KOMPAS.com — Tanggul air di sekitar Situ Gintung, Ciputat, jebol akibat tidak dapat menahan debit air setelah hujan turun di wilayah yang terletak 2 kilometer dari perbatasan DKI Jakarta dengan Provinsi Banten tersebut. Beberapa rumah warga di sekitarnya terbawa arus setelah tanggul tersebut jebol, Jumat (27/3) sekitar pukul 02.00.

Hingga pukul 06.00, warga di sekitarnya mengungsi ke Universitas Muhammadiyah. Genangan air menyusut setelah menggenangi rumah warga hingga lebih dari 2 meter.

Beberapa warga sempat terkurung karena tingginya air sehingga harus berlindung di atap rumah. Sebagian besar rumah yang terendam berada di wilayah lembah, seperti perumahan Cirendeu Permai. 

Belasungkawa
Wapres M Jusuf Kalla, Jumat (27/3), atas nama pemerintah menyampaikan belasungkawa kepada para korban yang tewas dalam bencana jebolnya tanggul Situ Gintung.

Pemerintah menyatakan akan memberikan uang duka kepada korban yang tewas,  bantuan untuk mereka yang terluka, serta memberi bantuan pembangunan bagi rumah-rumah yang rusak.

Saat itu juga Wapres memerintahkan Menko Kesra Aburizal Bakrie untuk menghitung semua dana yang diperlukan dan memerintahkan Menteri PU membangun kembali tanggul yang jebol.

Sebelumnya Kalla menyatakan akan menata kembali permukiman yang ada di pinggir aliran pembuangan air dari Situ Gintung. Saluran pembuangan air itu semakin menyempit karena semakin padatnya permukiman di bawah areal danau yang luasnya mencapai 21 hektar itu.

“Kalau perlu kita akan merelokasi supaya ada permukiman yang memenuhi standar dengan lingkungan supaya tidak terulang bencana yang sama,” ujarnya.

Tanggap Darurat
Wakil Presiden M Jusuf Kalla, Jumat (27/3) pagi ini, memerintahkan Bakornas Penanggulangan Bencana Alam untuk melakukan tanggap darurat terhadap korban bencana tanggul jebol di Situ Gintung.

Menurut informasi yang diperoleh Kompas, perintah itu disampaikan kepada Ketua Harian Bakornas dan Gubernur Provinsi Banten Ratu Atut Chosiyah.

Mereka juga diminta melakukan langkah-langkah koordinasi pencegahan dan penanggulangan jebolnya tanggul Situ Gintung yang sampai berita ini diturunkan telah menyebabkan 15 orang tewas.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono siang ini akan segera menuju Situ Gintung, Ciputat, Tangerang. SBY yang pagi ini berkampanye di Bandung, sebentar lagi akan menuju lokasi bencana.

Sementara itu, menunggu SBY datang, Wapres M Jusuf Kalla seusai meninjau lokasi bencana jebolnya tanggul, langsung memimpin briefing dengan Menko Kesra Aburizal Bakrie dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Briefing dilakukan di rumah makan Situ Gintung yang lokasinya tepat di pinggir danau.

Empaskan 300 Rumah
Air bah akibat jebolnya tanggul Situ Gintung mengakibatkan 300 rumah rusak dan hanyut. Total areal yang terendam air mencapai 10 hektar. 

Seperti diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Tangerang Selatan Hasdanil, jebolnya tanggul di Situ Gintung mengakibatkan kerusakan  yang hebat.

Kondisi terparah dialami RT 02, RT 03, RT 04 yang berada di RW 08 Kampung Poncol, Situ Gintung, Cireundeu, Ciputat, Tangerang. Nilai kerugian akibat bencana belum dapat dihitung. “Untuk total kerugiannya belum dapat dipastikan,” ungkap Hasdanil di Posko Bencana Alam Situ Gintung Universitas Muhamadiyah, Ciputat, Jumat (27/3).
 
Sementara itu, jumlah korban tewas akibat bencana ini terus bertambah. Data dari relawan mencatat total korban tewas 45 orang. Korban tewas yang ditempatkan di posko Universitas Muhmadiyah 27 orang. Di posko STIEAD Ahmad Dahlan terdapat 11 korban tewas dan di RS Fatmawati terdapat 7 korban tewas.

Korban diperkirakan akan terus bertambah karena proses evakuasi masih terus berlangsung. Korban selamat di posko Universitas Muhamadiyah sebanyak 30 orang. Rata-rata mereka mengalami luka lecet. Untuk korban hilang, relawan mencatat 28 orang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai korban dapat menghubungi Pusat Informasi Bencana Alam Situ Gintung 021-740385.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: