imsitumeang

Situ di Jabodetabek Umumnya Rusak

In Uncategorized on f 30, 09 at 2:28 am

Jumat, 27 Maret 2009
KOMPAS.com- ADA 184 situ atau danau di wilayah Jabodetabek. Dari jumlah itu, hanya 19 situ yang dalam kondisi baik, selebihnya rusak, bahkan ada yang telah berubah menjadi sawah dan kompleks perumahan.

Berdasarkan data dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, situ-situ itu tersebar di Kabupaten Bogor (95), Kota Bogor (6), Depok (20), Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan (37), Kota Tangerang (8), Bekasi (17), dan Jakarta (15).

Di Kabupaten Bogor, dari 95 situ yang ada hanya 9 yang dalam kondisi baik, sisanya rusak meski ada beberapa yang telah direhabilitasi atau diperbaikan pada periode antara tahun 1994 – 2007. Situ yang masih terbilang baik yaitu Situ Terate di Parung Panjang, Kadondong di Jasinga, Malasari di Nanggung, Kolam Tando di Leuwiliang, Cibuntu di Cibinong, Cipicung di Cileungsi, Lido di Cijeruk, dan Rawabangke di Jonggol.

Di Kota Bogor, dari 6 situ yang pernah ada, dua lokasi telah jadi kompleks perumahan, empat lainnya dalam keadaan rusak. Sementara di Depok, dari 20 situ yang ada, hanya satu yang baik yang Situ Pulo di Pancoran Mas, sisanya tercatat pernah direhab atau masih dalam keadaan rusak.

Di Tangerang, tidak ada satu situ pun yang dalam kondisi baik, hampir semuanya mengalami pendangkalan. Situ Gintung di Ciputat yang tanggulnya jebol Jumat (27/3) dini hari misalnya, luas danaunya menyusut dari semula 31 hektar menjadi tinggal 21,4 hektar akibat pendangkalan.

Di Kabupaten Tangerang, dari 37 situ yang pernah ada, 10 situ telah berubah wajah jadi sawah, bahkan ada situ, seperti Situ Kwaron di Pasar Kemis, yang tidak ketahuan lagi lokasinya. Di wilayah Kota Tangerang Situ Bulakan dan Kompeni telah jadi kompleks perumahan.

Sementara di Jakarta, dari 15 situ yang ada, hanya 6 yang tercatat dalam kondisi baik yaitu Situ Mangga Bolong, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Taman Mini Indonesia Indah, Rangunan, Taman Ria Senayan, dan Jambore Cibubur.

Dari semua situ yang ada Jabodetabek itu, Situ Patrasana di Kresek, Kabupateng Tangerang merupakan yang terluas, yaitu 245 hektar (luas awal 360 hektar, sebagian telah dijadikan sawah), disusul Situ Garukgak, juga di Kresek seluas 180 hektar, dan Situ Cipondoh di Kota Tangerang seluas 142 hektar. Situ-situ lainnya, luasnya bervariasi antara 1 sampai 50 hektar. EGP

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: