imsitumeang

ITB Siapkan Mata Kuliah Antikorupsi

In Uncategorized on f 11, 09 at 1:00 am

Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menyiapkan mata kuliah antikorupsi tahun ajaran 2009-2010 mendatang. Mata kuliah tersebut dimasukkan dalam satuan kredit semester (SKS) pilihan. “Ini penting buat ITB untuk kemajuan teknologi dan sains,” kata Rektor ITB Djoko Susanto di kampusnya seperti dikutip Tempo Interaktif (Sabtu, 7/3).

Jumlah SKS mata kuliah anti korupsi akan dibahas kemudian. ITB bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menyiapkan bahan kuliah dan pengajarnya. “Saat ini, ITB punya 9 SKS mata kuliah pilihan untuk diambil oleh mahasiswa seluruh jurusan,” ujarnya.

Menurut Djoko, sistem pendidikan di Indonesia saat ini belum akuntabel. Buktinya, pelajar masih harus ditunggui setiap kali ujian. “Insinyur harus jujur, kalo nggak, mobil nggak bisa jalan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPK Antasari Azhar dalam orasi di acara Alumni ITB Berdialog, meminta institusi pendidikan ikut mencegah budaya korupsi. Antasari juga meminta Rektor ITB menyiapkan catatan tentang penerimaan atau pinjaman dana bantuan dari luar negeri untuk kampus.

Menurut Antasari, dana bantuan dari luar negeri rawan kebocoran. “Kalau ITB pernah dapat bantuan luar negeri tolong didata, termasuk aset,” katanya. KPK kini tengah membidik sebuah universitas di Jawa Barat yang memperjualbelikan aset.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: