imsitumeang

Pidato Perdana Obama Pada Kongres

In Uncategorized on f 26, 09 at 12:29 am

Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama, Selasa (24/2) lalu, menyampaikan pidato pertamanya di depan parlemen Amerika Serikat (Dewan Perwakilan dan Senat), yang berisi berbagai program atau rencana kerja pemerintahannya. Berbagai masalah dicakup pidatonya, antara lain ekonomi, politik, sosial, keamanan dan militer, dan lingkungan.

Mengenai keamanan dan militer, Obama mengatakan, akan menambah jumlah personil Amerika Serikat untuk mengatasi kekekurangan personil negaranya, namun akan mengurangi anggaran belanja pembuatan senjata canggih ala perang dingin Amerika Serikat–Uni Soviet. Penanganan hukum atas teroris akan dibuat cepat dan tegas karena tidak ada lagi fasilitas seperti penjara Guantanamo pada era Presiden George W Bush.

Di bidang lingkungan, Obama meminta parlemen Amerika Serikat segera membuat rancangan aturan yang menetapkan batasan pencemaran gas karbon, berdasarkan perhitungan pasar.

Di bidang ekonomi, Obama berencana memotong subsidi bidang pertanian, yang selama ini dipertahankan Amerika Serikat sehingga menjadi bahan sengketa berkepanjangan dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Di bidang sosial, Obama mengatakan, akan meningkatkan pinjaman bagi usaha kecil dan menengah untuk menjaga perekonomian Amerika Serikat tetap bergerak, dan akan menghapus angka putus sekolah di kalangan pelajar sekolah menengah atas.

Bidang lain yang menjadi perhatian Obama sama seperti janji-janji kampanyenya tahun lalu yaitu, menolong industri mobil, mengubah gaya diplomasi Amerika Serikat di Timur Tengah, dan mereformasi sistem pelayanan kesehatan publik. Soal kesehatan, Obama juga mengatakan akan mendukung penelitian untuk menemukan obat bagi penyakit kanker. AFP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: