imsitumeang

Guru Usul Tes Masuk Perguruan Tinggi Dihapus

In Uncategorized on f 26, 09 at 12:12 am

Rabu, 14 Januari 2009

 

TEMPO Interaktif, Semarang: Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Tengah mengusulkan agar tes seleksi masuk perguruan tinggi dihapus dan digantikan dengan seleksi mengunakan hasil ujian sekolah dan hasil akhir ujian nasional. Dua nilai inilah yang diusulkan menjadi pertimbangan perguruan tinggi dalam menjaring para mahasiswanya. 

“Kalau menggunakan hasil ujian di sekolah akan lebih menghargai kinerja guru selama tiga tahun,” kata Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Jawa Tengah Sudharto di ruang kerjanya Jalan Pemuda Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/1). 

Jika nilai ujian nasional dan sekolah digunakan sebagai dasar diterima atau tidaknya calon mahasiswa, lanjut Sudharto, maka para guru akan lebih termotivasi. Hal ini karena hasil pengajaran mereka akan menentukan diterima atau tidaknya siswa bersangkutan masuk ke perguruan tinggi. 

Selama ini, dalam dunia pendidikan selalu ada jenjang pendidikan, yakni dari sekolah dasar ke sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi. “Semua itu ada kaitannya,” kata dia. 

Apalagi, kata Sudharto, dalam pelaksanaan ujian nasional selama ini sudah melibatkan para pengawas maupun akademisi dari perguruan tinggi. 

Sudharto menilai perguruan tinggi yang melaksanakan tes seleksi sendiri untuk menjaring calon mahasiswa menunjukkan adanya arogansi akademik. “Sepertinya, mereka merasa yang paling benar,” katanya. ROFIUDDIN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: