imsitumeang

Fakultas-Fakultas Pertanian Kekurangan Mahasiswa

In Uncategorized on f 26, 09 at 12:10 am

Rabu, 25 Februari 2009

TEMPO Interaktif, Bogor: Saat ini minat para siswa yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi khususnya bidang pertanian agak berkurang, padahal saat ini pertanian masih menjadi andalan penghasilan masyarakat di daerah. Hal tersebut terungkap saat Rektor IPB Dr Ir Herry Suhardiyanto M.Sc, mewisuda 1.059 lulusannya, Rabu (25/2).

“Hampir semua perguruan tinggi yang memiliki jurusan pertanian kurang diminati. Namun, penurunan minat tersebut tidak terjadi di IPB, akan tetapi IPB memiliki tanggung jawab moral untuk ikut serta mengatasi masalah tersebut,” ujarnya.

Herry menjelaskan, hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun 2008 menunjukkan masih terdapat 2.894 kursi kosong pada program studi bidang pertanian di 47 perguruan tinggi negeri. Turunnya minat calon mahasiswa ke bidang pertanian bukan hanya terjadi pada tahun 2008. Tahun sebelumnya, sebanyak 45,23 persen bidang studi yang terkait pertanian juga kosong.

Hal ini membuat IPB tidak membiarkan berlangsung terus, jika tidak, 5 sampai 10 tahun ke depan Indonesia akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan calon mahasiswa pasca sarjana yang berkualitas di bidang pertanian yang menjadi tulang punggung pembangunan pertanian.

Sementara itu untuk pertama kalinya Institut Pertanian Bogor telah mewisuda 1.059 mahasiswa yang mengikuti program mayor minor. Program ini merupakan penyempurnaan kurikulum pendidikan yang menjadi andalan IPB setelah masuk ke dalam Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara. DEFFAN PURNAMA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: