imsitumeang

Partai Klaim Keberhasilan

In Uncategorized on f 25, 09 at 12:47 am

Selasa, 24 Februari 2009
Jakarta, Kompas – Partai politik pendukung pemerintah memang bisa mengklaim keberhasilan program pemerintahan. Namun, aneh jika yang diklaim dijadikan sebagai iklan keberhasilan partai. Hal itu karena program tersebut adalah program kolektif yang dikerjakan bersama. Apalagi, kalau masyarakat mencermati, program yang diklaim itu sebetulnya juga masih mempunyai masalah sehingga borok partai akan semakin terbuka.

Penilaian itu disampaikan peneliti Perkembangan Politik Nasional Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syafuan Rozi Soebhan, di Jakarta, Senin (23/2). ”Partai mengklaim keberhasilan program boleh saja. Namun, jika program pemerintah itu dijadikan iklan kampanye, ini lucu. Jelas program yang diklaim itu hasil kolektif, bisa-bisanya diklaim sebagai keberhasilan partainya,” ujar dia.

Parpol, lanjut Syafuan, sebaiknya membuat iklan yang memberikan pencerahan kepada masyarakat dan tidak membohongi. Apalagi, jika informasi yang disampaikan kepada masyarakat itu sesungguhnya masih bisa diperdebatkan. ”Lucu jika menyatakan diri berhasil, padahal masih banyak masalah. Metode iklan politik seperti itu kurang cerdas, kurang berorientasi masa depan, dan senangnya pada romantisisme masa lalu,” ujarnya.

Syafuan pun mengusulkan, supaya partai lebih menawarkan apa yang akan mereka kerjakan dan memberi visi mengatasi masalah kebangsaan. (MAM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: