imsitumeang

Bakrie dan Panigoro Sumbang Rp 50 Miliar

In Uncategorized on f 25, 09 at 1:05 am

Rabu, 25 Februari 2009
Jakarta, Kompas – Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie yang juga pengusaha dan aktivis Partai Golongan Karya menyumbang Rp 25 miliar untuk Institut Teknologi Bandung.

Sumbangan dalam pos dana abadi itu dimaksudkan untuk membangun laboratorium teknik yang diberi nama Achmad Bakrie, ayah Aburizal.

Sumbangan dengan nilai dan maksud yang sama juga diberikan pengusaha Arifin Panigoro kepada ITB sebagai dana abadi ITB untuk pembangunan sarana dan prasarana di lingkungan ITB.

”Jadi, kalau Anda mau nyumbang untuk bangku taman, misalnya, boleh saja. Nilainya misalnya Rp 1 miliar,” ujar Rektor ITB Djoko Santoso seusai diterima Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (24/2).

Karena sumbangan dua pengusaha ini dan dua pengusaha lain, yaitu Benny Subianto dan Teddy P Rachmat, dana abadi ITB genap menjadi Rp 100 miliar.

Sebelum sumbangan itu, selama empat tahun terakhir, dana abadi ITB yang terkumpul berjumlah Rp 13 miliar.

Sumbangan sejumlah pengusaha besar menjelang Dies Natalis Ke-50 ITB itu disebutkan Djoko sebagai langkah terobosan dalam pengumpulan dana.

”Di banyak universitas di berbagai negara merupakan hal biasa nama penyumbang atau nama yang diinginkan oleh penyumbang diabadikan pada sesuatu yang dipunyai universitas,” ujar Djoko.

Ia mencontohkan, di beberapa universitas, nama penyumbang, misalnya, diukirkan pada kursi atau tiang suatu bangunan, bahkan juga kerap dipakai menjadi nama gedung.

Dari masyarakat
Selain para pengusaha besar alumni ITB, dana abadi juga dikumpulkan dari masyarakat yang tidak memiliki hubungan langsung dengan ITB. Djoko menyebut Niaga ITB sebagai contoh di mana 83 persen penyumbang tidak ada kaitannya dengan ITB. (INU/DAY)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: