imsitumeang

HMI Harus Jadi Penghela Pencerdasan

In Uncategorized on f 19, 09 at 12:37 am

Kompas, Selasa, 17 Februari 2009

Jakarta, Kompas – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan agar Himpunan Mahasiswa Islam sebagai suatu organisasi intelektual turut menjadi penghela pencerdasan dan pencerahan perubahan bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang adil, aman, sejahtera, dan bermartabat.

Tak hanya itu, Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI juga diminta ikut berpartisipasi aktif memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, khususnya menjelang pemilu legislatif dan pemilu presiden dan wakil presiden mendatang.

Hal itu disampaikan Presiden pada acara Dies Natalis Ke-62 HMI di Jakarta, Senin (16/2) malam. Hadir dalam acara itu antara lain alumnus HMI, seperti Akbar Tandjung, Fuad Bawazier, dan Beddu Amang.

Pada kesempatan itu Ketua Umum PB HMI Arip Musthopa juga menyerahkan ”HMI Award” dengan sejumlah kategorisasi, di antaranya kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, mantan Ketua DPR Akbar Tandjung, Agus Salim Sitompul, Azyumardi Azra, Soelastomo, Abdullah Hehamahua, Yusuf SK, aktivis HAM almarhum Munir, dan almarhum Ahmad Wahid.

Menurut Presiden Yudhoyono, sejarah mencatat, sejak didirikan pada tanggal 5 Februari 1947 di Yogyakarta, HMI telah mendorong perubahan dalam cara pandang terhadap Islam dan kebangsaan.

Sementara terhadap pendidikan politik yang dilakukan HMI, Presiden menyatakan dukungannya.

”Saya mendukung Gerakan Pemilih Cerdas yang dilakukan HMI untuk memberikan pendidikan politik bagi rakyat Indonesia. Dengan demikian, akan muncul para pemilih yang cerdas, rasional, dan berpartisipasi aktif dalam pemilu,” kata Presiden.

Pemilih cerdas

Sebelumnya, Arip mengatakan HMI ikut mengawal Pemilu 2009 melalui pendampingan dan pendidikan terhadap pemilih melalui Gerakan Pemilih Cerdas.

”Gerakan ini sudah kami mulai dengan melatih relawan yang akan kami terjunkan ke sejumlah daerah,” ujar Arip menjelaskan. (HAR) 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: