imsitumeang

Pemekaran Daerah Bukan Solusi

In Uncategorized on f 5, 09 at 12:03 pm

Kalau rentang kendali sebagai alasan yang mengakibatkan suatu daerah tidak terjamah pembangunan, yang harus diperbaiki adalah birokrasi dan program pembangunanya. Pemekaran daerah bukan solusi.

Saya tidak menyetujui Kalimantan dan Papua yang sebagian besar wilayahnya hutan dibabat untuk menciptakan daerah-daerah baru yang menjadi bagian daerah yang dimekarkan. Setiap pembentukan daerah-daerah baru pasti sedikit demi sedikit merambah hutan untuk perluasan areal permukiman atau perkantoran.

Kasus Al Amin Nur Nasution yang tersangkut pengalihan hutan di Pulau Bintan bersama pejabat daerah telah membuktikan. Belum lagi kalau daerah bersangkutan membutuhkan sumber-sumber pendapatan. Dari mana akan didapat kalau bukan menggarap hasil-hasil hutan seperti kayu (log).

Padahal, kalau kita cerdas dan arif, biodiversity hutan bisa lebih mahal daripada log yang dijual murah karena hanya berupa bahan mentah atau produksi derivatif tingkat satunya. Plasma nutfah adalah masa depan Indonesia.

Contoh kecil, anggrek-anggrek asli di pedalaman hutan Kalimantan sangat mahal kalau dibudidayakan. Belum lagi, obat-obat dari ramuan hasil-hasil hutan.

Plasma nutfah hutan di Indonesia belum semuanya diteliti tuntas para ilmuwan kita. Sampai sekarang, misalnya, belum semua tumbuhan dan hewan yang hidup di hutan Indonesia ditemu-kenali.

Jadi, kalau jalan, jembatan dan lain-lain infrastruktur yang rusak maka yang harus diubah adalah program pembangunannya serta birokrasinya. Kalau terjadi ketimpangan pembangunan penyebabnya adalah program pembangunan yang tidak memihak ke wilayah terisolir, terbelakang, atau tertinggal dan birokrasi yang tidak menjalankannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: