imsitumeang

Demo Maut di DPRD Sumatera Utara

In Uncategorized on f 5, 09 at 12:03 am

Koran Tempo, Rabu, 4 Februari 2009

MEDAN — Aksi massa menuntut pembentukan Provinsi Tapanuli di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara, kemarin, berujung maut. Ketua Dewan Abdul Aziz Angkat meninggal setelah sempat dipukuli oleh massa yang marah. Massa menuntut pembentukan Provinsi Tapanuli segera terwujud. Di dalam gedung Dewan, menurut Fadly Nurja, anggota Komisi D DPRD Sumatera Utara, Aziz dipukul berkali-kali. “Korban sudah dalam keadaan lemas,” kata Fadly.

Dengan susah payah dan dibantu sejumlah orang, Aziz mencoba meninggalkan kerumunan. Namun, beberapa saat kemudian, ia terjatuh. Bukannya menolong, massa malah memukul wajah Aziz, bahkan ada yang menginjaknya. Pemukulan terus terjadi saat Aziz dibawa ke ruangan Fraksi Golkar. Aziz makin lemah.

Setelah itu, Aziz digotong menuju truk polisi untuk dilarikan ke Rumah Sakit Gleneagles, Medan. Massa masih mencoba menghadang, sebagian malah melempari truk.

Pria kelahiran 10 Januari 1958 itu akhirnya meninggal. Meski pemukulan dilihat sejumlah orang, Kulman Saragih, dokter Rumah Sakit Gleneagles Medan, yang menangani korban, menyatakan, “Faktor penyebab kematian korban lebih pada serangan jantung.”

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menurut Menteri Dalam Negeri Mardiyanto, sudah menelepon Kepala Kepolisian RI Jenderal Bambang Hendarso Danuri agar segera mengusut tuntas kasus itu. “Tentunya, kepolisian yang harus memberikan penjelasan,” kata Mardiyanto di kantor Presiden kemarin. SAHAT SIMATUPANG | SOETANA MONANG | NININ DAMAYANTI | DWI WIYANA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: